Cara Minta Hapus Konten Digital Di Google

Jejak digital yang masih bisa diakses oleh banyak orang seringkali menjadi masalah serius bagi sebagian orang karena dianggap sangat mengganggu. Misalnya, ada sebuah konten digital yang didalamnya mengandung berbagi cerita negatif tentang masa lalu seseorang.

Untuk mengakhiri masalah tersebut, Anda bisa mengajukan bantuan ke pihak Google untuk menghapusnya. Terlebih lagi konten tersebut sudah beredar luas di internet, Anda bisa langsung mengajukan penghapusan agar tak kian merugikan.

Atas pengajuan penghapusan yang sudah Anda lakukan, pihak Google akan melakukan pertimbangan lebih lanjut terkait dengan berbagai konten berbahaya. Misalnya saja seperti doxing, rekam medis, data keuangan, berita palsu, gambar eksplisit non konsensual, pornografi hingga berbagai gambar anak.

“Kami menganggap serius berbagai konten yang termasuk dalam kategori tak pantas. Jika Anda mengetahui ada konten terkait produk di Google dan Anda yakini telah melanggar hukum yang berlaku atau pun hak Anda pribadi, Anda bisa langsung memberitahu pihak kami. Kami akan melakukan peninjauan lebih lanjut terkait masalah itu sebelum menindaklanjuti dalam bentuk pemblokiran, pembatasan hingga menghapus berbagai matari” isi dari salah satu pernyataan yang diberikan Google di situs resminya.

“Kemudian perilaku yang termasuk dalam kategori kekerasan, konten eksplisit, phishing juga termasuk dalam kategori melanggar kebijakan Google dan sudah dianggap memenuhi syarat untuk bisa dilakukan penghapusan. Sebelum mengajukan permintaan lebih lanjut, disarankan untuk menandai konten terlebih dahulu pada produk yang dianggap relevan” lanjut dari pernyataan Google.

Dengan menghilangkan jejak digital, maka hak seseorang bisa terpenuhi agar bisa dilupakan (right to be forgotten). Di Indonesia sendiri right to be forgotten ini menjadi salah satu hak individu yang bisa digunakan untuk mengajukan permintaan penghapusan atau pun merevisi segala bentuk informasi yang sudah beredar karena dianggap tak sesuai.

See also  Centang Biru Twitter Kini Berbayar, Segini Tarifnya?

Hal ini sudah diatur secara detail oleh Pemerintah Indonesia dalam Pasal 26 ayat 1 hingga 5 UU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Keberadaan jejak digital sendiri kebanyakan bersumber dari data dan informasi yang mungkin Anda tinggalkan dari berbagai platform media sosial, termasuk pada berbagai aplikasi yang sudah Anda unduh.

Berikut Cara Meminta Google untuk Menghapus Jejak Digital :

  1. Silahkan Buka Legal Help di halaman Google Support.
  2. Klik Create a Request.
  3. Pilih produk Google mana saja yang ingin Anda hapus.
  4. Cantumkan alasan pengajuan penghapusan secara detail dan lengkap.
  5. Lampirkan link yang ingin Anda hapus.
  6. Kirim formulir penghapusan setelah diisi lengkap.
  7. Tunggu sampai review Google selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *