Adobe Akan Gratiskan Photoshop Versi Web Kepada Seluruh Pengguna

Adobe dikabarkan akan segera merilis versi web dari aplikasi gambar unggulannya yaitu Photoshop. Kabar baiknya, Photoshop versi web ini akan digratiskan untuk semua pengguna.

Untuk proses mengubah Adobe Photoshop gratis ke dalam versi web untuk semua pengguna, Adobe tengah menjalani masa uji coba Photoshop web gratisnya di Kanada.

Diluncurkan pada Oktober lalu, Photoshop versi web ini pada awalnya digunakan bagi pelanggan Photoshop untuk membagikan gambar ke kolega untuk memberikan sedikit edit atau anotasi. Kemudian Adobe memperbarui browsernya dengan menambah kapabilitas untuk membuat dokumen editing dari nol.

Versi browser Photoshop ini tentu tidak akan menampung 100 persen fitur aplikasi berbayar, namun cukup memberikan pengguna akses fitur-fitur inti dari Adobe Photoshop.

Adobe berharap dengan adanya photoshop versi web gratis ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna dengan fitur utama dari photoshop. Adobe menggambarkan kalau Photoshop versi web itu adalah layanan premium. Nantinya, beberapa fitur eksklusif bakal ditutup dan ketika pengguna tersebut tertarik, mereka akan diberikan opsi untuk upgrade ke langganan Adobe Photoshop aplikasi.

“Kami ingin membuat Photoshop lebih mudah diakses dan lebih mudah bagi banyak orang untuk mencoba dan merasakan produk ini” ujar VP of Digital Imaging Adobe, Maria Yap yang dikutip dari The Verge.

Salah satu kendala yang ditangani oleh keberadaan Adobe Photoshop gratisan ini adalah akses dari perangkat yang sebelumnya tidak compatible dengan aplikasi, misal Chromebook.

“Saya ingin melihat Adobe Photoshop bertemu pengguna di mana pune mereka berada sekarang” ujar Maria Yap.

“Anda tidak perlu perangkat kelas atas untuk menggunakan Photoshop” imbuh Maria.

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti kapan Photoshop versi web gratis ini akan tersedia secara luas bagi para pengguna.

See also  Mengenal Algoritma Twitter Yang Jadi Perdebatan

Diketahui sebelumnya, Adobe pertama kali merilis Adobe Photoshop versi browser pada Oktober 2021 lalu. Aplikasi ini tampil lebih sederhana yang dapat digunakan untuk kebutuhan edit para penggunanya.

Berbeda dengan versi aplikasi untuk desktop, Photoshop versi browser tidak memiliki fitur yang lengkap. Namun, Adobe memberikan sebuah tools yang bisa dipakai kreator untuk berkolaborasi dengan orang lain terkait editan gambar.

Tujuan Adobe melakukan ini adalah membuat Photoshop lebih mudah diakses dan berpotensi menarik pengguna agar berlangganan ke versi aplikasi reguler, untuk mengakses fitur lebih lengkap. Cara ini juga dilakukan Adobe untuk beberapa aplikasi mobile seperti Fresco dan Express.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *